Kamen Rider Gallery - Kamen Rider 1

Kamen Rider (populer di Indonesia sebagai Ksatria Baja) adalah sebuah Serial TV yang dimulai pada tahun 1971 hasil karangan komikus Shotaro Ishinomori yang sangat populer. Berikut ini kita akan me-review Kamen Rider pertama yang telah diciptakan bersama Mainichi Broadcasting System / NET dan dibuat oleh Toei. Lanjut!

Serial Cool-Review
KAMEN RIDER 1
Kamen Rider 1 mulai tayang pada tanggal 3 April 1971 sampai dengan 10 Februari 1973. Mempunyai 98 episode, diperankan oleh seorang aktor sekaligus Stunt Man Hiroshi Fujioka sebagai karakter utama, yaitu Takeshi Hongo.

CHAPTER 1 : TOKOH
Takeshi Hongo awalnya adalah seorang mahasiswa biasa di universitas Jounan, dalam jurusan Biokimia. Dia adalah senior dari Shiro Kazami (yang nanti akan menjadi Kamen Rider V3). Seseorang yang sangat cerdas, dan suka balapan dengan menggunakan motornya.

Hidup Hongo berubah setelah dia diculik oleh Shocker. Shocker adalah sekelompok organisasi jahat dan ingin menguasai dunia. Hongo pun dibawa dan dioperasi untuk dijadikan cyborg/mutant dengan tujuan yang jahat. Beruntung sebelum pencucian otaknya dimulai, Shocker mengalami sedikit permasalahan internal, dan Hongo berhasil melarikan diri.

Menyadari kalau hidupnya tak sama lagi, akhirnya Hongo pun bertekad dengan kekuatannya (yang menjadi cyborg tipe manusia serangga) untuk melawan kaum Shocker. Setelah itu barulah dimulai era Kamen Rider di dunia ini. Gaya perubahan yang khas, sabuk Henshin yang mampu menangkap kekuatan angin, motor yang unik namun bergaya... Takeshi Hongo, menjadi seorang pahlawan baru.

Inilah para petinggi Shocker, yaitu Doctor Death (paling kiri), Hell Ambassador (tengah), dan yang paling kanan adalah Black Shogun.

Untuk melawan orang-orang itu, Takeshi Hongo tidak sendiri. Selain dia dibantu oleh Hayato Ichimonji (Kamen Rider 2), orang yang juga mendukung Hongo adalah Tobei Tachibana. Dia adalah seorang mentor, sekaligus pendiri Tachibana Motorcycle Club. Dan ada orang lainnya yaitu Taki Kazuya, agen FBI. Jika Kamen Rider 1 ingin latihan untuk meningkatkan kekuatan tempurnya, latihan itu akan ia dapatkan dari Tobei dan Taki.

Kamen Rider 1 pun turut mempunyai bala bantuan yang lain. Di episode 74, Taki membentuk Kamen Rider Squad. Sebuah grup yang diisi anak-anak lelaki untuk menjadi mata-mata aktifitas dari Shocker dan Gel-Shocker (sub kelompok dari Shocker itu sendiri).

CHAPTER 2 : KEKUATAN DAN PERANGKAT
Keistimewaan dari Kamen Rider 1 dimulai dengan "Henshin Movement", yaitu gerakan untuk mengubahnya dari manusia biasa ke wujud Kamen Rider. Hongo menyodorkan lengan kanannya pada diagonal ke kiri, berputar searah jarum jam sampai lengan sepenuhnya diperluas ke kanan, lalu dengan cepat menarik lengan kanannya ke pinggang, sementara memperluas lengan kiri di sebuah diagonal ke kanan. Hongo kemudian melompat ke udara,  
di mana angin-tekanan mengaktifkan transformasi

Untuk itu, Takeshi Hongo membutuhkan Typhoon. Benda ini adalah sumber energi bagi Kamen Rider 1, dan mampu memberikannya berbagai teknik bertarung yaitu "Rider Kick", "Rider Chop", sampai serangan elektrik "Denko Rider Kick". 

Setelah itu, di episode 52 dan 53, Hongo membiarkan dirinya ditangkap dan dioperasi kembali oleh Shocker dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatannya. Seperti sebelumnya, kali ini Hongo kembali berhasil melarikan diri sebelum otaknya dicuci. Lalu Kamen Rider 1 pun mendapatkan kekuatan baru, dia bisa melompat setinggi 25 meter dan berbagai macam teknik bertarung lainnya seperti "Rider Punch", "Rider Head Crusher","Rider Hammer",dan masih banyak yang lainnya, sampai tendangan cahaya alias "Rider Inazuma Kick" muncul.

Shocker pun lantas bertambah gerah. Akhirnya di episode 92-94, mereka membentuk Shocker evil Riders. Grup ini adalah kumpulan kamen rider baru dan jahat, yang menggunakan sepatu boot kuning, sarung tangan kuning, dan syal yang berwarna kuning pula. Sedikit banyak, mereka telah berhasil membuat Kamen Rider 1 kewalahan, untung saja ada Kamen Rider 2 yang membantunya.

CHAPTER 3 : KENDARAAN DAN PARTNER
Partner sejati dari Kamen Rider 1 adalah Kamen Rider 2. Kamen Rider 2 bernama Hayato Ichimonji, dan akhirnya nanti akan menggantikan tugas Kamen Rider 1 selama dia pergi ke Eropa untuk menghancurkan Shocker disana. Sebenarnya karakter Kamen Rider 2 dibuat karena terjadi kecelakaan yang dialami oleh Hiroshi Fujioka dalam proses Shooting.

Kendaraan yang digunakan oleh Kamen Rider 1 bernama Cyclone. Kecepatan tertingginya adalah 400 km/jam. Cyclone diberikan oleh seorang profesor yang bernama Midorikawa. Tapi kemudian Cyclone pun diganti dengan yang baru yaitu New Cyclone.

New Cyclone, bodynya lebih ramping dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dari kendaraan sebelumnya. New Cyclone mampu melaju secepat 500 km/jam. Ini adalah motor yang didesain sendiri oleh Hongo, Tobei, dan Taki. Kendaraan super cepat yang cocok dengan pahlawan pembalap ini, dan  Itulah sedikit review soal Kamen Rider 1,
lalu silahkan baca Kamen Rider selanjutnya, yaitu Kamen Rider 2.
.Terima kasih.
Catatan : Sumber berita dan gambar by : Google, Wikipedia.org,dan henshinhalloffame.com.

0 comments:

Posting Komentar