One Piece - Straw Hat Pirates, Luffy.

Latar Belakang
 Monkey d. Luffy adalah Kapten dari kelompok bajak laut topi jerami. Berasal dari desa Fuusha (Windmill Village), dan dibesarkan oleh kelompok bandit gunung yang bernama Dadan. Sejak kecil Luffy terkenal nekad dan pemberani,  dia bahkan tak sungkan untuk menusuk bagian bawah matanya hanya untuk diajak bertualang ke laut oleh Kelompok Bajak Laut Rambut Merah, Shanks.

Alasan menjadi Bajak Laut

    Tidak ada yang terlalu khusus. Dia hanya merasa suatu saat akan menjadi Raja Baja Laut seperti sang idola, Gol d. Roger. Luffy memang terlahir dari keluarga yang aneh. Ayahnya (Monkey d. Dragon) adalah seorang pemimpin tentara revolusi sekaligus penjahat yang paling dicari di seluruh dunia, kakeknya (Monkey d. Garp) adalah seorang Pahlawan Angkatan Laut, dan kakak tirinya Portgas d. Ace adalah anak dari Gol d. Roger itu sendiri. Sang kakek sering menjadi berang dengan tekad dan cita-cita Luffy yang makin bertambah besar sejak bertemu dengan Red Haired Shanks yang harus kehilangan lengan akibat menyelamatkan nyawanya dari serangan monster laut.  Garp ingin Luffy tumbuh kuat untuk menjadi angkatan laut, bukan sebaliknya. Tapi akhirnya, dia tetap nekad untuk pergi berlayar jadi bajak laut (awalnya dengan kapal yang sangat kecil) menyusul kakaknya, Ace, yang  sudah pergi 3 tahun lebih awal.

Sifat Dasar

    Dasarnya, Luffy adalah seorang petarung tulen, bukan pemikir. Dia jarang sekali memperhitungkan berbagai macam kemungkinan yang terjadi sebelum membuat rebut dengan musuh. Hal ini tak jarang membuat krunya yang lain kerepotan. Dia tak pernah memperhitungkan “lawannya itu siapa”, “apakah nanti yang akan terjadi”, “aku akan kalah atau tidak”, pokoknya kalau ada sesuatu yang dianggap harus diserang, ya diseranglah. Luffy juga mempunyai kepribadian yang unik. Ada suatu saat dia terlihat kekanak-kanakan dan sering main-main, tapi ada waktu dimana ia terlihat dewasa dan tampil sebagai kapten yang kharismatik. Selain itu, Luffy juga tak akan segan-segan untuk merendahkan diri di depan orang-orang yang telah menolongnya. Dan sifat inilah yang ternyata mampu meluluhkan hati Ratu Bajak Laut Boa Hancock, sehingga dia jatuh cinta berat terhadapnya.

Kekuatan
Cita-cita yang besar, harus juga mempunyai kekuatan yang besar pula. Luffy, mewarisi energy semangat (haki) dalam level yang tinggi. Haki, dapat membuat Luffy bisa mengetahui gerakan lawan, memantulkan  serangan musuh, menyerang pemakan buah iblis tipe logia, dan membuat orang terindimidasi akan kehadirannya. Tapi sayang, kekuatan ini baru terasah dengan baik sejak dia meninggalkan perang di Markas Besar Angkatan Laut dengan paket latihan oleh Silvers Rayleigh (mantan wakil Bajak Laut Gol d. Roger). Sebelum itu, Luffy bertarung dengan menggunakan kekuatan buah iblis Gomu-Gomu yang bisa membuat tubuh bocah tersebut melar seperti karet. Adapun jurus-jurus dasar yang dimiliki Luffy adalah :

i.Gomu Gomu No Pistol
Pukulan jarak jauh yang bisa dilakukan oleh manusia karet.
ii.Gomu Gomu No Gatling
Rentetan pukulan untuk menghajar musuh dalam jumlah serangan yang banyak.
iii.Gomu Gomu No Bazzoka
Serangan dua tangan, biasa digunakan Luffy untuk memberikan daya rusak yang besar, ataupun melontarkan musuh.
iv.Gomu Gomu No Spear
Tendangan menekan dari udara, telapak kaki Luffy disatukan dan membentuk seperti sebuah tombak.
v.Gomu Gomu No Whip
Cambuk dari kakinya, hanya bisa dilakukan oleh manusia karet.
vi.Gomu Gomu No Balloon, dll.
Tubuh Luffy menggembung seperti balon, dan bisa melontarkan kembali peluru meriam angkatan laut.

    Itulah beberapa jurus dasar yang biasa ia gunakan. Sebagai finishing, Luffy pernah menggunakan yang dibawah ini :
Don Krieg beaten by Gomu Gomu Hammer.
i.Gomu Gomu No Bell
   Dia mengeluarkan ini untuk menghabisi Kapten Kuro di Syrupp Village. Kapten Kuro yang bisa bergerak cepat, dia kunci dengan lilitan tubuh. Setelah itu kepala Luffy menyerang dengan bantuan leher yang memanjang sejauh puluhan meter.
ii.Gomu Gomu No Hammer
Gomu Gomu No Storm attacked Crocodile.
   Melawan Don Krieg di Restoran Terapung Baratie. Satu per satu senjata bajak laut tersebut dihancurkan, lalu Don Krieg menangkap Luffy dengan jarring untuk ditenggelamkan ke laut. Tapi kaki Luffy masih mampu keluar, dan melilit tubuh musuhnya itu. Lalu, sebelum mereka jatuh, kaki tersebut menghempaskan kepala Don Krieg ke kapal seperti sebuah palu.
iii.Gomu Gomu No Axe
   Jurus ini dapat menghentikan aksi dari Arlong, sekaligus menghancurkan istananya (Arlong Park) di Desa Kokoyashi. Gomu Gomu Axe adalah hasil injakan dari kaki Luffy yang membumbung tinggi ke atas dalam jarak puluhan meter.
iv.Gomu Gomu No Storm
Luffy win by Gomu Gomu No Golden Rifle.
   Luffy menggembung, kemudian melilitkan tubuhnya untuk melontarkan dia ke atas lalu memberikan puluhan tinju yang sangat kuat untuk menghajar musuh yang terbang di udara. Jurus ini sukses membuat pingsan Crocodille sang Sichibukai di Arabasta.
v.Gomu Gomu No Golden Rifle, dll.
   Hanya dikeluarkan sekali dalam pertarungan melawan Enel di Pulau Langit. Sebuah pukulan berputar yang di ujung tinjunya diberi gumpalan emas. Dengan jurus ini, Enel sang Dewa Petir kalah, dan gagal menjatuhkan pulau langit.

    Selain itu, buah Gomu Gomu juga bisa dimodifikasi kekuatannya dengan level tertentu. Luffy menyebutnya dengan Gear. Apabila Gear 1 adalah default setting bagi Luffy untuk bertarung. Level 2 alias Gear 2, adalah cara dia meningkatkan kekuatan dengan cara memompa darah dengan cepat melalui tubuh karetnya tersebut. Dengan Gear 2, tubuh Luffy mengeluarkan uap. Dan beberapa jurus-jurusnya seperti ini :
i.Jet Pistol
    Pertama kali dikeluarkan saat melawan Blueno (anggota CP9) di Enies Lobby. Jurus yang sangat cepat hingga pukulan Luffy terkesan invisible dalam jarak yang cukup jauh.
ii.Jet Bazzoka
   Tekanan serangannya menjadi dua kali lipat. Blueno menjadi pingsan tak sadarkan diri setelah menerima yang satu ini.
iii.Jet Gattling
   Rentetan pukulan seperti peluru Gattling Gun untuk membungkam Rob Lucci (Anggota terkuat dari CP9). Ini adalah serangan terakhir dan pamungkas Luffy dalam peristiwa pembebasan Robin di antara serangan Buster Call angkatan laut.
iv.Jet Motion (Soru), dll.
   Soru sejatinya adalah jurus yang mampu dikuasi anggota CP9. Tapi setelah itu Luffy berhasil menirunya setelah bertarung melawan orang-orang tersebut. Jet Motion, pergerakannya sangat cepat dan terkesan mampu berpindah tempat dalam sekejap. Tapi sayang, sebelum menguasai Haki, Luffy masih cukup untuk dibilang lebih lambat dari sang manusia cahaya Admiral Kizaru.

    Gear 2 memberikan kecepatan dan kekuatan yang lebih besar untuk Luffy. Sedangkan yang selanjutnya disebut dengan Gear 3. Gear 3 dibentuk melalui angin yang ditiupkan ke dalam jempol, dan merubah bagian tubuhnya menjadi besar layak raksasa. Dia memang melambat, tapi mampu mengeluarkan serangan dengan skala yang dashyat. Jurus-jurusnya seperti ini :
i.Gigant Pistol
   Lengan raksasa yang mampu menghancurkan satu pasukan angkatan laut. Tapi sayang, kelemahan yang satu lagi dari gear 3 adalah : Setelah digunakan, tubuh Luffy menyusut menjadi kecil untuk sementara (sebelum menguasai Haki).
ii.Gigant Axe
   Satu kapal bisa dihancurkan dengan mudah melalui injakan kaki raksasa dari Monkey d. Luffy. Gigant Axe terlihat sangat seram ketika ia melawan Rob Lucci di atas kapal angkatan laut.
iii.Gigant Thor (movie)
   Hanya dikeluarkan di film, “One Piece Movie : The Strong World” untuk menghabisi ambisi Bajak Laut veteran, Golden Lion. Injakan yang besar itu, mengandung kekuatan petir dari badai besar yang datang. Setelah serangan itu, Golden Lion (sang pengendali gravitasi) tak sadarkan diri dan pulau-pulaunya yang terapung di langit berjatuhan ke bumi.

   Selain itu, Luffy juga bisa menggunakan penggabungan jurus-jurus Gear 2 dan Gear 3. Misalnya Jet Gigant Shell untuk menghancurkan Gecko Moria yang berubah menjadi monster pemakan 1000 bayangan. Tapi efeknya (karena belum bisa mengendalikan Haki). Luffy jadi kehabisan tenaga, dan pingsan setelah pertarungan tersebut.

Itulah sedikit yang bisa diuraikan dari Monkey d. Luffy. Lalu inilah orang-orang yang berjasa besar terhadap perkembangan Raja Bajak Laut itu.

i.Red Haired Shanks
Pemimpin kelompok Bajak Laut Rambut Merah. Dia adalah seorang Yonko (salah satu dari 4 kaisar lautan yang menguasai dunia baru, Grand Line.) Shanks memberi Luffy sebuah Topi Jerami sebelum ia meninggalkan Desa Fuusha. Setelah itu, Luffy berjanji akan selalu membawa topi tersebut kemanapun. Untuk dikembalikan kepada Shanks suatu saat nanti.

ii.Dadan
Bandit gunung yang membesarkan Luffy setelah dititipkan melalui kakeknya Monkey d. Garp. Kehadiran Luffy dan Ace (ditambah Sabo) memang sangat merepotkan Dadan. Tapi Dadan menyayanginya, dan sudah menganggap mereka seperti anak sendiri.

iii.Portgas d. Ace
Kakak tiri Luffy. Dia adalah orang yang membuat bocah itu berusaha keras untuk berlatih mengasah kekuatannya. Awalnya, Ace tidak menyukainya. Tapi setelah mereka bersama-sama. Ace malah berperan sebagai seorang kakak yang baik, dan tetap melindungi adiknya sampai dia mati dalam perang di markas besar angkatan laut.

iv. Silvers Rayleigh
 Wakil Kapten Kelompok Bajak Laut Roger. Luffy dan Rayleigh bertemu di kepulauan Shabaody. Bersama Bartholomew Kuma, Rayleigh menyelamatkan nasib seluruh anggota bajak laut Topi Jerami dari tangan Admiral Kizaru. Setelah itu dia pun memberikan Luffy latihan khusus (mengasah kemampuan haki) sebelum petualangan selanjutnya di dunia baru.
Next  : Roronoa Zoro

0 comments:

Posting Komentar